Tujuan dan Kegunaan Penelitian
BAB I
PENDAHULUAN
Tujuan penelitian merupakan rumusan
kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang diperolah setelah
penelitian penelitian selesai, sesuatu yang akan dicapai/dituju
dalam sebuah penelitian. Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk
memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan. Oleh karena,
rumusan tujuan harus relevan dengan identitas masalah yang ditemukan, rumusan
masalah dan mencerminkan proses penelitian.
Harus lebih luas dari pada sekedar
hal yang bermaslah. Jawab terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian
terletak pada kesimpulan penelitian dan membantu mengatasi, memecahkan dan
mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti. Kegunaan hasil penelitian
terhubung dengan sarana-sarana yang diajukan setelah kesimpulan. Kegunaan hasil
penelitian merupakan follow up pengguna informasi yang didapat dari kesimpulan,
oleh karena itu pemakalah akan membahas mengenai tujuan dan kegunaan penelitian.
BAB
II
PEMBAHASAN
Tujuan
dan Kegunaan Penelitian
A. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah
aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu
sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan.ujuan penelitian
murni akan berbeda dengan penelitian terapan, dan berbeda pula dengan
penelitian evaluasi.
Menurut V. Young dalam
Scientific Social Survey and Research dapat dipahami bahwa tujuan penelitian
adalah:
1.
Menemukan fakta-fakta atau bukti-bukti baru
dalam lapangan pendidikan dan menguji fakta-fakta lama. Dengan demikian setiap
fkta-fakta yang telah ditemukan, pada waktunya perlu di uji kembali guna
memperoleh fakta-fakta yang lebih aktual.
2.
Menganalisa urutan-urutannya, antar hubungan
dan penjelasan-penjelasan sebab akibat yang muncul dalam kerangka teoritis yang
ada dalam refensi-referensi pendidikan.
3.
Mengembangkan alat-alat, konsep-konsep dan
teori-teori ilmiah yang baru dalm bidang pendidikan yang dapat memudahkan
validitas dan reliabilitas studi tentang tingkah laku manusia.
Menurut al-Ghizali, tujuan
penelitian adaalh untuk mengetahui:
a)
Hakekat ilmu pengetahuan menurut al-Ghazali.
b)
Cara memperoleh ilmu pengetahuan.
c)
Transmisi ilmu pengetahuan dan tuhan kepada
manusia.
d)
Hakikat ilmu laduni dalam konteks ilmu
pengetahuan lainnya
Tujuan penelitian juga dapt
berbeda karena bedanya masalah yang diteliti. ldengan memahami masalah dengan
baik dan merumuskannya dengan tepat, besar kemungkinan pekerjaan merumuskan
tujuan akan dapat dilalui dengan baik pula. Sebaliknya jika masalah yang akan
diteliti masih kabur , maka akan sulit bagi calon peneliti untuk merumuskan
tujuan penelitian yang akan diteliti. Tujuan penelitian sangat besar
pengaruhnya terhadap komponen-komponen penelitian lain seperti metode, teknik,
alat maupun generalisasi yang diperoleh. Ketajaman peneliti dalam merumuskan
tujuan penelitian akan sangat mempengaruhi keberhasilan penelitian yang
dilaksanakan, karena tujuan penelitian merupakan titik tolak dan tujuan yang
akan dicapai melalui kegiatan penelitian.
Penelitian kependidikan
sangat besar artinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan secara umum dan
teori-teori pendidikan serta sistem pendidikan maupun kepentingan praktis dalam
penyelenggaraan pendidikan. Melalui penelitian kependidikan dapat diketahui
kelemahan-kelemahan yang ada dalam praktek pendidikan dan bagaimana upaya
perbaikannya. Dapat pula diketahui kebijakan-kebijakan apa yang dapat dilakukan
untuj uatu lembaga pendidikan tertentu serta teori dan fakta apa yang lebih
tepat digunakan untuk masa dan tempat tertentu.
Tujuan penelitian seyogyanya
dirumuskan sebagai kalimat pertanyaan yang konkret dan jelas tentang apa yang
akan diuji, dikonfirmasi,, dibandingkan, dikorelasikan dalam peelitian
tersebut.[3]
B. Kegunaan
Penelitian
Secara ringkas dapat
dikemukakan beberapa manfaat penelitian kependidikan:
1.
Hasil penelitian kependidikan dapt
menggambarkan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya yang ada,
kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan yang dihadapi atau dtemukan
dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di lokai penelitian.
2.
Hasil peneitian dapat dijadikan alat untuk
mendiagnosa sebab kegagalan serta problem yang dihadapi dalam praktek
kependidikan, sehingga mudah dicarikan upata penanggulangannya.
3.
Hasil penelitian dapat dijadikan alat untuk
menyusun kebijakan-kebijakan atau policy dalam menyusun strategi pendidikan.
4.
Hasil penelitian dapat menggambarkan tentang
kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, perbekalan serta tenaga kerja baik
secara kualitas maupun kuantitas yang sangat berperan bagi keberhasilan praktek
pendidikan.
Kegunaan/manfaat penelitian
umumnya dipilah menjadi dua kategori, yaitu teoritis/akademis dan
praktis/fragmatis. Kegunaan teoritis/akademis terkait dengan kontribusi
tertentu dari penyelenggaraan penelitian terhadap perkembangan teori dan ilmu
pengetahuan serta dunia akademis. Sedangkan kegunaan praktis/fragmatis
berkaitan dengan kontribusi praktis yang diberikan dari penyelenggaraan
penelitian terhadap obyek penelitian, baik individu, kelompok, maupun
organisasi.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Tujuan penelitian adalah
aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu
sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan.ujuan penelitian
murni akan berbeda dengan penelitian terapan, dan berbeda pula dengan
penelitian evaluasi.
Hasil penelitian
kependidikan dapt menggambarkan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya
yang ada, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan yang dihadapi atau
dtemukan dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di lokai penelitian.
KRITIK DAN SARAN
Dalam penyajian makalah kami
ini, tentu rekan-rekan “pembaca khususnya mahasiswa belum begitu memahami atau
kurang merasa sempurna atas penyajian kami, untuk itu kami mohon kesediaan
dosen pembimbing menambah serta menutupi kelemahan itu, selain itu adanya
kritik /saran dari rekan-rekan” pada makalah kami untuk perbaikan tugas
berikutnya, Terima kasih
DAFTAR PUSTAKA
v Hartono. Metodologi Penelitian. Pekanbaru:Zanafa.2011.
v Cik Hasan Bisri & Eva Rufaidah. Model Penelitian
Agama dan Dinamika Sosial. Jakarta:Raja Grafindo Persada.2002.
v http://tesis-disertasi.blogspot.com/2008/04/kegunaanmanfaat-penelitian.html
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum wr.wb.
Puji
syukur patut kita ungkapkan kehadirat Allah SWT, karena atas izinnya dan rahmat
hidayah yang dilimpahkannya kepada kita semua. Alhamdulillah penyusun makalah
yang berjudul “ Tujuan dan Kegunaan Penelitian ” ini dapat kami selesaikan
tepat pada tenggang waktu yang diberikan oleh dosen pembimbing.
Dalam
menyingkapi permasalahan yang terdapat didalam makalah ini, terutama kami
sebagai pemakalah belum begitu sempurna menguraikan isi yang ada didalam
makalah ini, untuk itu penting adanya harapan kami memohon kepada dosen
pembimbing untuk menambah serta meluruskannya agar tidak terjadi kekeliruan
bagi para rekan pembaca.
Selanjutnya
ucapan terimakasih kepada dosen pembimbing yang memberi dorongan pada kami dalam
menyusun makalah ini
Wassalamua’alaikum
wr,wb
Bangko, 5 Desember 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
...................................................................... i
Daftar Isi ................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
................................................................ 1
BAB II Pembahasan
Tujuan penelitian……….………………………………….. 2
Kegunaan penelitian………………………….…….......... 4
BAB III Penutup
............................................................. 5
Kesimpulan
Kritik dan Saran
Daftar Pustaka…………………………………………………… 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar